Ada Apa dengan AKRI ???

AKRI atau Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia telah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Asosiasi tersebut berfungsi sebagai mediator antara principal (pemasok barang) dengan toko milik koperasi karena dengan melalui pengadaan barang dagangan secara bersama-sama diharapkan toko koperasi bisa mendapatkan komoditas dengan harga lebih rendah dibandingkan kulakan sendiri-sendiri.

Pembentukan AKRI dimaksudkan juga agar toko koperasi mempunyai daya saing dan cukup kompetitif menghadapi toko swalayan jejaringan yang beroperasi dengan sistem waralaba. Dengan persaingan  yang semakin ketat bahkan pangsa koperasi ritelpun semakin lama juga semakin tergerus. Padahal koperasi ritel memiliki peluang sekaligus kekuatan cukup besar untuk mengembangkan bisnis,  yakni dengan adanya anggota. Kekuatan itu tidak dimiliki oleh para pesaingnya, sebenarnya koperasi ritel harus mampu menjadi pemain tangguh di bisnis eceran.
Faktor-faktor yang melemahkan daya saing koperasi ritel dalam menghadapi ritel modern, sebenarnya  hanyalah  masalah tampilan fasilitas usaha saja yang kurang begitu menarik, antara lain rak dan meja berdebu, sebagian barang/komoditas telah kedaluarsa serta karyawan kurang tanggap dalam melayani pembeli.  Memang telah ada sejumlah koperasi ritel yang memiliki tampilan serta pola operasional dan pengelolaan seperti halnya ritel modern. Namun sebagian besar masih perlu memperbaiki berbagai aspek yang dapat menarik minat konsumen.

Kedepan AKRI diharapkan dapat membawa toko koperasi tumbuh dan bersaing dengan peritel lainnya. Semoga (chz-red).

0 komentar:

Posting Komentar